Pemindaian CT Rumah Sakit Jombang

Pemindaian tomografi terkomputasi, juga dikenal dengan sebutan CT scan, menggunakan komputer dan mesin sinar-X yang berputar untuk menciptakan gambar penampang tubuh. Gambar tersebut akan menyediakan informasi yang lebih detail dibandingkan dengan gambar hasil sinar-X biasa. CT scan dapat dilakukan di bagian radiologi Rumah Sakit Jombang. CT scan ini dapat menunjukkan jaringan halus, tulang, dan pembuluh darah di berbagai bagian tubuh, dengan prosedur ini sering digunakan untuk menunjukkan gambar pundak, tulang belakang, kepala, jantung, lutut, dada, dan perut. 

Pada saat pemindaian CT Rumah Sakit Jombang, Anda akan diminta untuk berbaring dalam mesin yang berbentuk menyerupai terowongan. Di dalamnya, mesin akan berputar mengelilingi Anda untuk mengambil serangkaian sinar-X dari sudut yang berbeda. Gambar-gambar yang dihasilkan tersebut kemudian akan dikirim ke komputer, di mana akan digabung untuk menciptakan gambaran potongan-potongan atau penampang tubuh. Gambar tersebut juga dapat dikombinasikan untuk menciptakan gambar 3 dimensi daerah tertentu di dalam tubuh. 

Mengapa prosedur ini dilakukan?

Pemindaian CT atau CT scan Rumah Sakit Jombang memiliki banyak kegunaan, namun khususnya cocok digunakan untuk membantu diagnosis penyakit dan memeriksa cidera. Teknik pencitraan jenis ini dapat membantu dokter Anda dalam melakukan diagnosis infeksi, gangguan otot, dan patah tulang; menunjukkan lokasi adanya masa dan tumor (termasuk kanker); mempelajari pembuluh darah dan sturktur internal lainnya; menilai tingkat keparahan suatau cidera atau pendarahan internal; pemandu prosedur seperti operasi dan biopsi; serta memantau keefektivan perawatan untuk kondisi medis tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung. Prosedur pemindaian tomografi terkomputasi ini bersifat invasif minimal dan dapat dilakukan dengan cepat. 

Dalam prosedur CT scan Rumah Sakit Jombang, dokter akan memberi Anda pewarna khusus yang disebut contrast material untuk membantu agar struktur internal dapat terlihat lebih jelas pada gambar sinar-X. Contrast material akan menghambat sinar-X dan akan terlihat putih pada gambar, membuatnya menunjukkan usus, pembuluh darah, dan struktur lain yang sedang diperiksa. Tergantung daerah mana di tubuh Anda yang sedang diperiksa, ada kemungkinan Anda akan diminta untuk meminum cairan yang mengandung contrast material. Selain itu, cairan kontras tersebut dapat disuntikkan ke lengan atau dimasukkan ke dalam dubur lewat enema. Jika dokter berencana menggunakan contrast material, mereka akan meminta Anda untuk puasa empat hingga 6 jam sebelum CT scan di Rumah Sakit Jombang dilakukan. 

Pada saat CT scan berlangsung, Anda akan diminta untuk mengganti pakaian menggunakan pakaian rumah sakit dan melepas benda-benda yang terbuat dari metal apapun. Metal dapat mengganggu hasil dari CT scan. Benda seperti perhiasan dan kacamata harus dilepas. Dokter kemudian akan meminta Anda untuk berbaring menengadah pada meja yang akan bergerak memasuki CT scanner. Dokter akan meninggalkan ruang pemeriksaan dan menuju ruang kontrol di mana mereka akan dapat mendengar dan melihat Anda. Anda akan dapat berkomunikasi dengan mereka lewat intercom. 

Pada saat meja bergerak perlahan masuk ke dalam scanner, mesin sinar-X akan berputar di sekitar Anda. Masing-masing perputaran akan memproduksi banyak gambar potongan tipis tubuh Anda. Prosedur CT scan Rumah Sakit Jombang ini dapat memakan waktu sekitar 20 menit hingga 1 jam. Sangat penting bagi Anda untuk berbaring diam dan tidak bergerak, karena setiap gerakan dapat menyebabkan gambar yang kabur atau buram. Setelah CT scan berakhir, gambar kemudian akan dikirim ke radiologist untuk pemeriksaan. Dokter kemudian akan menunjukkan dan memberitahu Anda hasil dari CT scan Rumah Sakit Jombang ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *