Manfaat Face Mist untuk Kulit Kering dan Kapan Menggunakannya

Face mist untuk kulit kering jadi salah satu produk skin care yang sedikit dipandang sebelah mata. Padahal, manfaat penggunaan face mist cukup banyak bagi perawatan kulit wajah Anda.

Saat mulai sering digunakan oleh banyak orang, face mist sering dipandang remeh karena dampaknya tidak terlihat langsung. Di dunia skin care, face mist dipandang tidak terlalu penting sama seperti facial oils dan micellar water.

Pandangan ini tentu keliru. Fungsi face mist jauh lebih penting dari sekadar air beraroma. Face mist serbaguna dalam melawan kulit kering, mencerahkan kulit kusam, dan merevitalisasi kulit yang lelah.

Menariknya, face mist dapat digunakan pada setiap jenis kulit. Khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kering ekstrem, penggunaan face mist terbilang wajib.

Lalu apa saja manfaat face mist untuk kulit kering? Lebih dari itu, bagaimana cara memilih face mist yang tepat?

Mencari face mist yang tepat

Ketika Anda sedang berusaha mencari face mist yang tepat, cara terbaik dalam menentukan pilihan adalah dengan memilih yang paling pas dengan tipe kulit Anda.

Face mist umumnya diformulasikan secara khusus untuk tujuan dan masalah kulit yang berbeda-beda. Pasalnya, face mist tidak hanya mengandung air, tetapi juga bahan-bahan yang dapat meningkatkan hidrasi dan retensi air.

Berikut panduan singkat memilih face mist yang tepat menurut tipe kulit dan tujuan perawatan kulit Anda:

  • Untuk kulit kering – Cari dan gunakan face mist yang mengandung bahan seperti asam hialuronat dan squalane. Bahan-bahan ini dapat meningkatkan hidrasi, mengencangkan sel-sel kulit, dan membantu menahan kelembapan.
  • Untuk kulit normal – Kulit normal dapat menggunakan face mist dengan bahan lebih bervariasi. Face mist dengan kombinasi bahan asam hialuronat, rose water, dan minyak esensial akan bekerja dengan baik. Face mist dengan kandungan antioksidan tinggi juga dapat jadi pilihan terbaik.
  • Untuk kulit berminyak atau rawan jerawat – Gunakan face mist yang bebas minyak dan silikon untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan pengendapan minyak. Anda bisa mencoba face mist dengan dasar rose water dan aloe yang sangat efektif mengurangi peradangan kulit.
  • Untuk kulit sensitif – Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilih face mist dengan formula dasar yang tidak terlalu kuat. Cari face mist dengan kandungan lembut untuk melembapkan kulit.
  • Untuk mengunci make-up – Menariknya, face mist juga dapat digunakan untuk mengunci make-up agar bertahan lebih lama. Untuk itu, cari face mist yang alcohol free. Anda juga bisa menggunakan face mist dengan kandungan asam hialuronat untuk mempertahankan tampilan yang lebih lembut.
  • Untuk melawan tanda-tanda penuaan – Pilih face mist yang mengandung pearl extract yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan. Face mist yang mengandung bahan-bahan seperti ekstrak teh, Vitamin C dan #, ekstrak delima, dan ekstrak biji anggur juga dapat menjadi pilihan bagus.

Bagaimana cara menggunakan face mist?

Idealnya, face mist perlu digunakan dua kali sehari. Namun, Anda bisa menggunakannya kapan pun setiap kali merasa kulit terlalu kering.

Meskipun face mist dapat digunakan setelah make-up, sebenarnya cara terbaik menggunakan face mist adalah pada wajah yang baru saja dibersihkan.

Dengan demikian, kandungan bahan dalam face mist dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Sebaiknya Anda tidak menyemprotkan face mist berlebihan, sebab efeknya juga tidak akan serta-merta bertambah. Gunakan face mist secukupnya dan pilih yang paling tepat untuk kulit Anda.

Face mist untuk kulit kering

Penggunaan face mist untuk kulit kering perlu mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, masalah kulit kering terjadi pada banyak orang dan termasuk salah satu masalah yang membandel.

Pastikan Anda memilih face mist yang tepat. Sesuai panduan di atas, cari face mist yang mengandung bahan seperti asam hialuronat dan squalane.

Jika Anda mengalami masalah kulit kering, selalu oleskan pelembap atau serum berbasis minyak setelah menggunakan face mist. Hal ini diperlukan untuk mengunci kelembapan face mist tersebut.

Namun, jika Anda menggunakan face mist sebagai langkah terakhir dalam sentuhan make-up, tentunya Anda tidak perlu menambahkan produk skin care lainnya.

Berikutnya, jika Anda merasa masalah kulit kering tidak membaik, coba pertimbangkan penggunaan skin care lainnya. Mungkin ada skin care lain yang jadi penyebab kulit kering pada wajah Anda.

Lalu jika Anda merasa penggunaan face mist justru membuat kulit wajah semakin kering, coba beralih gunakan produk dengan kandungan yang sederhana seperti air mineral, asam hialuronat, dan rose water.

Akhir kata

Demikian manfaat face mist untuk kulit kering dan rekomendasi penggunaan face mist. Pastikan memilih face mist yang sesuai untuk kulit Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *