Hemodialisa; Layanan Paling Baru dari RS Anggrek Mas

Sebagai fasilitas kesehatan yang terbilang baru, RS Anggrek Mas bisa jadi tengah giat-giatnya berkembang. Sebenarnya, itu bisa dikatakan sebagai keniscayaan, sebab pasti ada sesuatu, entah itu target atau capaian, yang tengah dituju seiring berdirinya rumah sakit ini.

Belum lama, rumah sakit yang terletak di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ini meresmikan satu lagi layanan baru. Tepatnya pada 24 Mei 2021, RS Anggrek Mas punya layanan hemodialisa. Pelayanan paling baru ini terealisasi berkat jalinan kerja sama dengan pihak lain.

Sebagai simbol sahnya layanan hemodialisa, dr. Sanusi, Sp.OG selaku orang nomor satu di rumah sakit, menggunting pita tepat pada pukul 10.00 WIB. Sejak saat itu, masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang bermarkas di lantai tiga gedung RS Anggrek Mas ini.

Untuk menunjang layanan ini, RS Anggrek Mas tak ragu dalam menyiapkan sarana dan prasarana. Tak kurang dari empat mesin hemodialisa siap digunakan untuk memberikan layanan terbaik bagi para pasien nantinya.

Sebagai tambahan informasi, hemodialisa atau hemodialisis sendiri merupakan istilah untuk prosedur atau terapi cuci darah di luar tubuh. Terapi ini umumya dilakukan oleh pengidap masalah ginjal yang ginjalnya sudah tak berfungsi dengan optimal. Pada dasarnya, tubuh manusia memang mampu mencuci darah secara otomatis, tetapi bila terjadi masalah pada ginjal, kondisinya akan lain lagi.

Ginjal sendiri merupakan organ yang punya peran amat vital dalam tubuh. Organ ini bertanggung jawab untuk penyaringan darah. Selain membersihkan darah dalam tubuh, ginjal juga membentuk zat-zat yang menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun, pada pengidap penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, organ ini sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kondisi di ataslah yang membuat tubuh membutuhkan proses cuci darah menggunakan bantuan alat medis. Dengan kata lain, dalam kondisi ini, hemodialisa menggantikan peran ginjal ketika organ tersebut sudak tidak mampu bekerja secara efektif.

Masyarakat Jakarta, khususnya Jakarta Barat, yang ingin melakukan hemodialisa, bisa menyambangi rumah sakit yang persisnya terletak di Jalan Anggrek No. 2B, RT 9 RW 2, Kebon Jeruk, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta ini pada hari Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 08.00 WIB. 

Berdasarkan informasi yang didapat dari website resmi RS Anggrek Mas, layanan hemodialisa berakhir tepat pada pukul 14.00 WIB. Jika memang ingin melakukan cuci darah di fasilitas kesehatan ini, ada baiknya calon pasien melakukan reservasi, atau setidaknya melakukan kontak terlebih dahulu dengan pihak rumah sakit.

Hal ini kiranya perlu dilakukan untuk memastikan ketersediaan jadwal dokter yang praktik, termasuk ketersediaan kuota baginya. Tak dapat dimungkiri jika pandemi covid-19 berdampak bagi seluruh sektor kehidupan. Terlebih rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan yang barang tentu bersinggungan langsung dengan pandemi ini.

Banyak rumah sakit mengurangi frekuensi layanan non-covid mereka lantaran seluruh elemen rumah sakit fokus dalam penanganan covid-19. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika sebelum menyambangi RS Anggrek Mas, calon pasien menghubungi pusat bantuan (call center) di nomor +62-811-8105-720 (bisa dihubungi via Whatsapp) atau 021- 5305720.

Kamu mungkin bisa sekalian konsultasi masalah biaya layanan, fasilitas yang didapat, atau informasi-informasi lain yang tidak terdapat dalam artikel ini, juga di website resmi RS Anggrek Mas. Di akhir, jika di antara pembaca sekalian ada yang punya masalah kesehatan ginjal, sebaiknya segera datangi dokter agar lekas mendapat pertologan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *