Fasilitas Penunjang Kesehatan RS Helsa Jatirahayu yang Memadai

RS Helsa Jatirahayu yang terletak di Jl. Raya Hankam No.17, Bekasi, Jawa Barat. Rumah sakit ini berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat melalui peningkatan fasilitas dan sarana prasarana dengan penggunaan teknologi terbaru serta peningkatan kompetensi tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat serta staf atau karyawan. Lantas, apa saja fasilitas penunjang kesehatan di RS Helsa Jatirahayu? Berikut detailnya.

1. Laboratorium dan radiologi

Laboratorium medis atau laboratorium klinis adalah tempat dilakukan pengujian terhadap spesimen klinis untuk memperoleh informasi tentang kesehatan pasien guna membantu diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit.

Sedangkan radiologi adalah ruang pencitraan medis untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit di dalam tubuh manusia. Berbagai teknik pencitraan seperti radiografi sinar-X, ultrasound, computed tomography (CT), positron emission tomography (PET), fluoroskopi, dan magnetic resonance imaging (MRI) digunakan untuk mendiagnosis atau mengobati penyakit. 

2. X-Ray

Sinar-X adalah jenis radiasi yang disebut gelombang elektromagnetik. Pencitraan sinar-X menciptakan gambar bagian dalam tubuh dalam berbagai nuansa hitam dan putih. Penggunaan x-ray di RS Helsa Jatirahayu yang paling umum adalah memeriksa patah tulang, tetapi rontgen juga bisa digunakan dengan cara lain. Misalnya, rontgen dada dapat mendeteksi pneumonia. Mammogram menggunakan sinar-x untuk mencari kanker payudara.

3. USG 2D colour, soft tissue

Semua ultrasound menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar. Ultrasonografi tradisional adalah gambar 2D untuk memperlihatkan janin yang sedang berkembang. Ultrasonografi 2D menghasilkan garis besar dan gambar yang tampak datar, yang dapat digunakan untuk melihat organ dalam bayi.

4. USG kebidanan 4 dimensi

Ultrasonografi 4D mirip dengan ultrasound 3D akan tetapi, gambar yang dihasilkannya USG 4D akan menghasilkan seperti gambar bergerak. Jenis USG ini paling sering dilakukan untuk mengetahui kondisi kelengkapanan janin yang ada di dalam rahim, serta deteksi berbagai macam penyakit yang mungkin akan diderita bayi ketika mereka lahir.

5. Ruang operasi/bedah

Kamar operasi di RS Helsa Jatirahayu berada di lingkungan yang steril; semua personel harus memakai pakaian pelindung yang disebut scrub. Mereka juga memakai penutup sepatu, masker, topi, pelindung mata, dan penutup lainnya untuk mencegah penyebaran kuman. Ruang operasi di RS Helsa Jatirahayu juga terang benderang dan suhunya sangat sejuk; ruang operasi ber-AC untuk membantu mencegah infeksi.

6. Fisioterapi

RS Helsa Jatirahayu menyediakan fasilitas penunjang kesehatan medis berupa fisioterapis yang membantu orang terkena cedera, penyakit, atau kecacatan melalui gerakan dan olahraga, terapi manual, pendidikan, dan saran. Mereka akan menjaga kesehatan Anda dari segala usia, membantu pasien untuk mengelola rasa sakit dan mencegah penyakit.

7. ECG/EKG

Elektrokardiogram juga disebut EKG atau EKG di RS Helsa Jatirahayu sering dilakukan untuk merekam sinyal listrik di jantung. Ini adalah tes umum dan tanpa rasa sakit yang digunakan untuk mendeteksi masalah jantung dengan cepat dan memantau kesehatan jantung. 

8. Instalasi Gizi

Instalasi gizi di RS Helsa Jatirahayu menyediakan spesialis medis yang tugasnya memberi tahu pasien tentang dampak makanan dan nutrisi pada kesehatan secara keseluruhan. Mereka juga dikenal sebagai ahli gizi, ahli diet, ahli gizi klinis, ahli gizi olahraga, ahli gizi masyarakat, atau ahli gizi kesehatan masyarakat, tergantung pada keahlian mereka. Peran ahli gizi yang paling sering adalah menekan angka obesitas dan kekurangan gizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *