Cara Pakai Obat Kumur Minosep yang Tepat

Berkumur dengan obat kumur Minosep ternyata punya cara dan langkah tersendiri. Hal ini disebabkan Minosep memiliki kandungan bahan aktif chlorhexidine gluconate yang termasuk obat keras.

Jika tidak digunakan dengan benar, bisa saja memperburuk efek samping yang mungkin timbul atau malah tidak membantu mengatasi masalah yang Anda alami. Berikut adalah aturan pakainya.

Minosep Obat Kumur 60 mL  harga terbaik 18555

Apa itu obat kumur Minosep?

Minosep merupakan merk obat kumur yang diproduksi oleh Minorock, yang memiliki kandungan chlorhexidine gluconate. Kandungan bahan aktif ini dikenal efektif untuk mencegah gingivitis, sariawan, bau mulut, menghambat pembentukan plak, dan memelihara kebersihan mulut. 

Obat kumur Minosep tersedia dalam dua jenis, yakni dalam botol merah dan botol hijau. Perbedaan keduanya adalah dari kadar kandungan chlorhexidine gluconate di dalamnya.

Botol merah memiliki kadar lebih banyak, yakni 0,2 persen, daripada botol hijau yang hanya 0,1 persen. Namun Minosep hijau diklaim memiliki efikasi 80 persen lebih baik serta rasa yang lebih ringan sehingga lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Cara pakai obat kumur Minosep

Menggunakan obat kumur yang juga berfungsi untuk mengatasi sebuah penyakit berbeda dengan cara pakai obat kumur yang hanya digunakan untuk mengatasi bau mulut. Berikut cara dan langkah yang tepat dalam menggunakan obat kumur Minosep:

  • Tuangkan cairan sebanyak 10 ml (bisa di bagian tutup atau gelas khusus berkumur)
  • Lalu kumur perlahan selama 30 detik hingga 2 menit
  • Pastikan Anda berkumur secara menyeluruh dan jangan sampai tertelan
  • Buang cairan setelah berkumur
  • Sebaiknya setelah itu tidak berkumur kembali dengan air biasa

Gunakan obat kumur Minosep dua kali dalam sehari, sebaiknya setelah menyikat gigi di waktu sarapan pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Atau gunakan sesuai dengan anjuran dari dokter.

Tunggu setidaknya 30 menit sebelum membilas mulut Anda dengan air atau obat kumur lainnya, atau melakukan kegiatan lain seperti menyikat gigi, makan, atau minum. Sehingga Anda mendapatkan manfaat yang optimal. .

Alternatif obat kumur alami

Selain menggunakan obat kumur seperti Minosep hijau maupun merah, Anda juga bisa menggunakan obat kumur dari bahan alami sebagai alternatif alami. Akan tetapi tentu saja obat kumur ini memiliki manfaat yang berbeda-beda yang bisa Anda sesuaikan dengan keluhan yang dirasakan.

Berikut ini adalah alternatif obat kumur alami yang bisa Anda buat menggunakan:

  1. Larutan garam dan soda kue

Obat kumur campuran garam dengan soda kue dipercaya sangat efektif untuk mengatasi masalah pernapasan seperti demam dan flu serta mencerahkan warna gigi secara alami. Cukup larutkan ½ sdt garam dan ½ sdt soda kue ke dalam segelas air, lalu campurkan. Gunakan untuk berkumur setelah menyikat gigi. 

  1. Larutan lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri, sehingga sangat cocok untuk mengendalikan penumpukan plak gigi. Campurkan perasan satu buah lemon ke dalam satu gelas air hangat, meskipun biasa dikonsumsi namun berhati-hati saat berkumur dengan larutan ini.

  1. Larutan cuka apel

Cuka apel diketahui dapat memutihkan gigi secara alami dan menetralkan bau mulut, sehingga mampu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Campurkan 2 sdt cuka apel, 7 sdm garam, lalu beri setetes minyak esensial vanila. Simpan di dalam toples kecil, dan bisa Anda gunakan untuk berkumur usai menyikat gigi. 

Semua bahan-bahan alami di atas memiliki manfaat terhadap kesehatan yang sangat baik, tidak hanya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut namun juga mengatasi infeksi jamur, antiinflamasi, dan bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

Meskipun penggunaan bahan-bahan alami juga tetap dapat menimbulkan efek samping, sehingga sebaiknya tidak berlebihan saat menggunakannya. Proses yang dihasilkan juga cukup lama, sehingga jika Anda menginginkan hasil yang segera, bisa menggunakan obat kumur Minosep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *