Apakah Yakult untuk Ibu Hamil dapat Bermanfaat?

Siapa yang tidak tahu yakult? Minuman probiotik ini sangat terkenal di pasaran dan banyak diminati oleh setiap kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Minuman yang berasal dari Jepang ini merupakan suatu produk olahan susu yang telah difermentasikan menggunakan bakteri baik bernama lactobacillus casei

Celana dalam ibu hamil umumnya lembut dan nyaman digunakan

Yakult mempunyai beberapa kesamaan dengan yogurt karena sama sama difermentasikan dengan menggunakan bakteri tersebut. Terdapat beberapa manfaat dalam mengkonsumsi minuman probiotik ini. Mulai dari melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan tubuh, dan mengatasi susah BAB atau sembelit yang banyak dialami oleh ibu hamil. Karena manfaat ini lah banyak yang menyarankan untuk minum yakult untuk ibu hamil.

Memilih asupan makanan dan minuman yang tepat saat hamil memang sangat penting. Nutrisi yang baik penting dalam semua tahap kehidupan, terutama dalam masa kehamilan karena memengaruhi ibu dan janin dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi ibu selama kehamilan mempengaruhi tumbuh kembang bayi sepanjang hidupnya. Jadi, bolehkah yakult untuk ibu hamil?

Kabar baiknya, yakult sangat aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Dilansir dari American Pregnancy Association, ibu hamil masih aman untuk mengkonsumsi minuman probiotik. Perlu diketahui, minuman probiotik dibuat dengan cara fermentasi menggunakan bakteri baik. Terdapat tiga bakteri probiotik yang digunakan yaitu Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Saccharomyces. Ketiganya pun aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan.

Baik probiotik atau bakteri hidup yang membantu menggeser keseimbangan menuju bakteri baik di usus, serta prebiotik yaitu makanan yang memberi makan bakteri baik di usus dan mendorong mereka untuk tumbuh, sampai sekarang masih dianggap aman untuk kehamilan. Dan, beberapa penelitian juga menegaskan, yakult untuk ibu hamil tidak menimbulkan risiko berbahaya terhadap janin.

Ibu yang melahirkan dan menyusui juga masih diperbolehkan untuk minum yakult atau minuman probiotik lainnya. Namun, harus diingat, minum yakult untuk ibu hamil harus sesuai takaran yang dianjurkan, untuk memaksimalkan manfaat yang ditawarkan.

Jika dikonsumsi secara tepat, yakult untuk ibu hamil dapat mendatangkan banyak manfaat bagi ibu dan si buah hati dalam perut. Keseimbangan bakteri yang sehat memberikan hasil yang lebih baik bagi ibu dan bayi. Berikut beberapa manfaat minum yakult untuk ibu hamil.

Menjaga kesehatan pencernaan

Probiotik, baik dari makanan atau suplemen, membantu sistem pencernaan sang ibu untuk bekerja lebih efisien. Probiotik dapat diasumsikan untuk mengurangi keberadaan bakteri jahat. Tujuannya untuk membantu usus memindahkan makanan dan mengurangi bakteri jahat membantu mengurangi kemungkinan mengalami komplikasi kesehatan.

Cegah alergi pada anak

Minum yakult untuk ibu hamil ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan ibunya saja, melainkan juga kesehatan anak kelak di masa depannya. Beberapa penelitian mengatakan wanita yang mengkonsumsi probiotik saat hamil dan menyusui cenderung tidak memiliki anak dengan alergi dibandingkan ibu yang tidak mengkonsumsi probiotik.

Selain itu, dilansir dari Journal of Allergy and Clinical Immunology, mengonsumsi minuman probiotik saat hamil mengurangi risiko anak terkena eksim setelahnya. Hati-hati, eksim pada anak bisa muncul karena berbagai faktor.

Kurangi risiko infeksi vagina

Konsumsi probiotik bermanfaat dalam mengurangi risiko infeksi vagina dengan meningkatkan bakteri menguntungkan di dalam vagina. Minuman probiotik pada akhirnya akan mencegah pertumbuhan organisme penyebab infeksi berbahaya. Infeksi vagina memang bisa terjadi selama kehamilan. Maka dari itu, pencegahan terjadinya infeksi pun sangat diperlukan daripada mengobati.

Itulah beberapa fakta dan manfaat dari meminum yakult untuk ibu hamil. Ingat, untuk terus minum sesuai dengan jumlah atau takaran yang dianjurkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *